Amerika Serikat

Amerika adalah sebuah negara adikuasa yang biasa di sebut United State of America (USA), kenapa di sebut USA karena terdiri dari berbagai negara yang bersatu seperti:  New York,California,Washington dan beberapa negara bagian lainnya.
Negara Amerika dipimpin oleh seorang presiden yang dipilih setiap empat tahun sekali. Negara Amerika merupakan salah satu negara multi ethnis hampir semua negara di dunia ini penduduknya berada di negara tersebut, ada yang berprofesi sebagai pelajar,pedagang atau sekedar jalan-jalan atau turis yang selalu diminati banyak kalangan.

Gambar.1. Ini peta dari negara united State of Amerika atau yang kita kenal negara Amerika.

Kita akan bahas satu persatu dari kota-kota besar yang ada di negara tersebut.

1. New York
    New York  adalah salah satu kota besar di negara Amerika dengan ciri khasnya adalah Patung Liberty. Karena begitu ramainya para pengunjung dari berbagai negara dan banyaknya hiruk pikuk entertainment di sana,maka New York disebut Kota Yang Tak Pernah Tidur atau Never sleep City.
Nah salah satu tempat wisata yaitu Liberty tersebut kita harus menggunakan kapala laut terbuka (semacam kapal Fery kalau di kita), yang mana kapal itu akan hilir mudik setiap 30 menit sekali.
Harga untuk setiap kunjungan ke salah satu tempat wisata di New York biasanya dihargakan perpaket
dalam satu Tour paket seharga 40 sampai 45 US dollar.
Satu paket tour tersebut berlaku untuk beberapa tempat kunjungan wisata misalnya dari Liberty kita bisa lihat monument Zero atau yang kita kenak tempat runtuhnya Twin Tower atau WTC atau kita bisa terus mampir ke Perpustakaan John K kennedy dan lain-lain. Semua itu teroganisasi dengan rapi dengan petunjuk yang jelas. Waktu saya pertama landing di New York,pesawat tiba di bandara John F Kennedy International air port atau yang lebih dikenal JFK Airport, dari airport kurang lebih satu jam ke pusat kota New York yaitu Time square, dari aiport bisa pakai taxi,bis atau menggunakan train (Kereta api).
Di sana begitu tertata rapi aturan disiplin dari setiap pekerja sehingga  saat pertama kali saya datang ke New York tidak begitu mendapat kesulitan untuk mencapai arah tujuan saya, karena pemakaian nilai respect pada orang lain di sana begitu terpelihara.
 Ini yang namanya patung Liberty yang berada di New York, Staten Island adalah salah satu pulau kecil yang berdekatan dengan tempat patung Liberty yang menjadi destinasi wisata juga sebelum atau sesudah ke Liberty Statue.










Gambar di sebelah kanan ini adalah yang di sebut Time Square,yaitu pusat keramaian dari kota New York,disebut juga Never Sleep City, karena kota ini selalu ramai di siang dan malam hari serta toko-toko tetap buka 24 jam.hiruk pikuk turis dari  mancanegara terus mewarnai keindahan kota New York.



2. Brooklyn
Brooklyn adalah salah satu kota di Amerika yang berdekatan dengan kota New York yang berjarak 5,1 mil. Bila di tempuh dengan menggunakan kendaraan maka akan memakan waktu sekitar 26 menit, dengan Train atau kereta api 41 menit dan dengan jalan kaki akan memakan waktu 1 jam 30 menit.
Brooklyn yang tercatat mempunyai penduduk sekitar 2.600.000 (pada tahun 2017) dengan luas wilayah 180 km2 memiliki beberapa wilayah yang berbatasan langsung dengan Queen di Manhattan,New York. Nama Brooklyn di ambil dari sebuah desa yang bernama Breukelen.
Brooklyn sangat multi ethnis dari beragam budaya suku dan agama, sekitar 600.000 bangsa yahudi orthodox mereka tinggal dan menetap di sini begitu juga agama-agama lain seperti Islam,kristen dll banyak yang bermigrasi ke daerah brooklyn .Brooklyn berhawa sejuk dan nyaman pada setiap musim.
Brooklyn Bridge (jembatan brooklyn) yang cukup terkenal di bangun pada 1883 menjadikan kemudahan antara brooklyn ke new york dan sekitarnya.


 
Gambar di atas adalah Brooklyn Bridge di waktu senja dan yang kedua  adalah photo salah satu sudut kota Brooklyn.

Di hampir setiap sudut kota brooklyn hampir selalu tersedia berbagai macam fastfood dan aneka hidangan makanan lainnya yang menggoda indra penciuman kita serasa di area restaurant ketika kita jalan menyusuri jalan-jalan di kota ini. Ketika penulis mencoba bertanya kepada salah seorang bule yang sedang duduk dipinggir jalan, dia bilang " kota ini memang banyak berpenduduk kulit hitam tapi kami hidup normal dan tidak seperti bayangan-bayangan orang lain terhadap kehidupan kulit hitam di brooklyn" katanya, memang terlihat  ramah rupa-rupa orang lalu lalang dan terlihat juga beberapa anak kecil berdiri sambil bercengkrama, dengan mengenakan pakaian khas dari bangsa mereka sendiri seperti  anak-anak Yahudi, saya lemparkan senyum dan 'say' hello..anak-anak tersebut langsung meresponds saya dengan kata Hi..dan lambaian tangan. Begitu nyamannya ketika kami jalan di sekitar brooklyn sampai lupa waktu sudah menunjukan pukul 11 malam, di sana waktu sunset atau magrib adalah pukul 8.45 malam kala itu, dan kamipun terus kembali ke hotel tempat kami menginap.

3.New Jersey.

New Jersey adalah sebuah negara di wilayah Mid-Atlantic di Amerika Serikat Timur Laut. , Berbatasan di utara dan timur oleh negara bagian New York; di timur, tenggara, dan selatan di Samudera Atlantik; di sebelah barat oleh Sungai Delaware dan Pennsylvania; dan di barat daya oleh Delaware Bay dan Delaware.
New Jersey adalah negara terkecil keempat di Amerika berdasarkan wilayah tetapi 11 terbesar, dengan 9 juta penduduk pada 2017 dan berpenduduk paling padat di 50 negara bagian AS. New Jersey terletak sepenuhnya dalam gabungan bidang statistik New York City dan Philadelphia dan merupakan negara terkaya ketiga berdasarkan pendapatan perkeluarga (tahun 2016).


New Jersey telah dihuni oleh penduduk asli Amerika selama lebih dari 2.800 tahun, dengan suku-suku historis seperti suku Lenape yang berdiam di sepanjang pantai.

Pada awal abad ke-17,saat masa penjajahan Belanda dan Swedia membuat pemukiman Eropa pertama di negara bagian ini. Inggris kemudian menguasai wilayah itu dan menamakannya Provinsi New Jersey, diambil dari nama pulau yang terbesar dari Kepulauan Channel, yaitu Jersey . New Jersey adalah tempat yang pernah dijadikan tempat pertempuran yang menentukan selama Perang Revolusi Amerika pada abad ke-18.


Pada abad ke-19, salah satu pabrik terkenal yaitu "Big Six" , Camden, Paterson, Newark, Trenton, Jersey City, dan Elizabeth telah membantu mendongkrak Revolusi Industri.di tempat ini.
Lokasi geografis New Jersey berada di megalopolis Northeast, antara Boston dan New York City ke timur laut, dan Philadelphia, Baltimore, dan Washington, DC, ke barat daya,lingkungan geografis ini telah memicu pertumbuhan yang cepat melalui proses suburbanisasi di paruh kedua abad ke-20.
Pada dekade pertama abad ke-21, suburbanisasi ini mulai kembali dengan konsolidasi penduduk New Jersey yang beragam secara budaya yang menjadikanper perkotaan yang lebih luas dan modern.
Ini Salah Satu sudut Kota New Jersey .








Comments

Popular posts from this blog

10 Hal Yang Unik di Amerika

Berminat untuk Menetap di Amerika? Ini Caranya